Langsung ke konten utama

PERBEDAAN BRITISH DAN AMERICAN ENGLISH - SEJARAH DAN ASAL MULANYA

British English vs American English part1

Gday teman-teman.
Mungkin teman-teman sudah sering mendengar bahwa bahasa Inggris itu ada yang aksen British ada juga aksen Amerika kan. Kalo yang suka nonton Harry Potter pasti gak asing dengan aksen British, kalo aksen Amerika ya aksen biasa seperti yang kita pelajari di sekolah biasanya. Sebenarnya sih aksen dalam bahasa Inggris bukan cuman dua itu saja, ada banyak, tapi yang sering dan paling banyak digunakan ya British dan American.
Apa aja sih yang membedakan dua aksen tersebut? Ok nanti bakalan kita bahas apa saja bedanya. Tapi sebelum itu mungkin lebih menarik kalau kita tau sejarahnya dulu, kenapa sih bahasa Inggris itu jadi ada beberapa aksen? Cekidot.
Jadi, bahasa Inggris kan terus mengalami perbaharuan dan evolusi dari masa ke masa nih, dari masa Old English selalu mengalami akulturasi dari beberapa suku yang menginvasi. Akhirnya mulai terbentuklah bahasa Inggris di Britania Raya, aksen yang mereka gunakan di sana itulah yang disebut British, ya walaupun tentunya agak berbeda dari British yang sekarang digunkan karena selalu mengalami evolusi. Tapi ya disitulah asal mula British ini.
Lalu bagaimana dengan aksen Amerika? Nah aksen American tersebut muncul diawali dengan ditemukannya Benua Amerika. Dan tentunya para penjelajah sudah ada menghuni tempat itu duluan, sebelum akhirnya para pendatang dari Inggris tiba. Nah, para pendatang Inggris itulah yang akhirnya disebut sebagai koloni pertama yang memulai sejarah Amerika. Pada saat itu, tempat pertama yang mereka datangi adalah Jamestown, Virginia tahun 1607an lah.
Lalu, raja Inggris James I pada waktu itu memberikan izin kepada para pendatang Inggris yang ke Amerika itu untuk menetap saja di sana, akhirnya mereka pun disebut British America. Makanya bahasa yang berkembang dan digunakan di sana adalah bahasa Inggris juga. Tapi tentunya tidak mudah untuk jadi penghuni baru karena harus berbenturan dengan adat dan tradisi dari penduduk asli (namanya Algonquins) sana sehingga muncul beberapa perselisihan. Beberapa tahun berselang muncul lagi koloni-koloni yang menyusul dan berkembang di sana. Koloni generasi awal sebanyak 13 koloni, dan mereka disebut The Origin of America.
Tetapi pada akhirnya, terjadilah konflik antara Inggris/Britania dan koloni Amerika, di mana rakyat Amerika berjuang untuk melepaskan diri dari kepemerintahan Inggris dan yang akhirnya berujung pada perang kemerdekaan Amerika Serikat. Berkembangnya benua ini malah membuat bangsa-bangsa lain berminat untuk tinggal di sana, seperti Spanyol, Belanda, dan lainnnya. Makanya ada China Town, Little Tokyo, Little Italy, Bronx. Karena itu Amerika bagaikan kuali besar yang diisi bermacam-macam makanan. Lalu, lahirlah cita rasa baru yang sekarang disebut American English.
American English ini digunakannya yaitu di Amerika dan negara-negara yang dipengaruhi Amerika. Kanada juga menggunakan American English karena dekat dengan Amerika. Kalau British selain digunakan di Inggris juga digunakan oleh negara-negara persemakmuran. Bahasa Inggris di Selandia Baru juga lebih mengarah ke British. Hal ini tidak heran, karena kononnya, Dunedin, kota di Selandia Baru dihuni oleh sekelompok pendatang dari Edinburgh, Inggris. Hal ini dapat dilihat dari bahasa dan istilah sehari-hari yang dipakai oleh warga kiwi.
Jadi kurang lebih seperti itu lah teman-teman sejarah singkat kenapa jadi British dan American itu ada. Udah tau sejarahnya baru nih kita bakal ngebahas bedanya apa aja sih, apa cuman sekedar aksen atau logatnya aja yang berbeda? Tentu tidak, ada beberapa hal lagi yang membedakan British dan  American ini, yang mana itu akan kita bahas selanjutnya, so stay tune aja teman-teman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amar dan Nahi

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Memahami redaksi Al-Qur’an dan Al-Hadits bagaikan  menyelam ke dalam samudra yang dalam lagi luas, dibutuhkan kunci, metode dan keilmuan khusus untuk sampai ke sana sehingga kita bisa mengetahui maksud dan tujuan nash al-Qur’an dan Al-Hadits baik dari sudut teks maupun dari aspek makna. Di antara beberapa pembahasan yang berkaitan dengan hal tersebut, ada dua point penting yang keduanya harus diketahui secara mendalam oleh seorang calon Mujtahid. Objek utama yang akan dibahas dalam ushul fiqh adalah al-Qur’an dan sunnah Rasul sedang untuk memahami teks-teks dan sumber yang berbahasa Arab tersebut para ulama  telah menyusun semacam tematik yang akan digunakan dalam praktik penalaran fikih. Bahasa Arab menyampaikan suatu pesan dengan berbagai cara dan dalam berbagai tingkat kejelasan. Untuk itu para ahlinya telah membuat beberapa kategori lafal atau redaksi, di antara yang sangat penting dan akan dikemukakan disini. Antara lain tentang Am a r

Prasangka dan Diskriminasi, Pertentangan dan Integrasi Sosial

A.   Prasangka dan Diskriminasi 1.     Pengertian Prasangka Prasangka atau prejudice berasal dari kata latin prejudicium ,yang pengertiannya sekarang mengalami perkembangan sebagai berikut:  ·   Semula diartikan sebagai suatu preseden, artinya keputusan diambil atas dasar pengalaman yang lalu. ·   Dalam bahasa inggris mengandung arti pengambilan keputusan tanpa penelitian dan pertimbangan yang cermat, tergesa-gesa atau tidak matang.  ·   Untuk mengatakan prasangka dipersyaratkan pelibatan unsur emosional(suka-tidak suka)dalam keputusan yang telah diambil tersebut. Prasangka merupakan dasar pribadi seseorang yang setiap orang memilikinya, sejak masih kecil unsur sikap bermusuhan sudah nampak. Prasangka selalu ada pada mereka yang berfikirnya sederhana dan masyarakat yang tergolong cendekiawan, sarjana, dan pemimpin atau negarawan. Prasangka menunjukkan pada aspek sikap. Prasangka itu suatu sikap, yaitu sikap sosial. Menurut Morgan (1966), sikap adalah kecenderungan untuk

Pendekatan Pendidikan Aqidah

BAB I PENDAHULUAN 1. 1. Latar Belakang Pendidikan aqidah sangat penting bagi kita apalagi kita sebagai pemeluk agama Islam harus mengerti tentang aqidah  Untuk itu kita perlu mempelajarinya sehingga kita mengerti dan bisa menjalankannya dalam kehidupan kita sehari-hari dan setelah kita memahaminya kita bisa memberitahukannya kepada orang lain yang belum tahu. Dan sebelum kita memberitahukan tentang aqidah kepada orang lain akan lebih baik jika kita mengetahui benuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah. Adapun bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah tersebut akan kami bahas dalam makalah ini. 1 . 2 .  Rumusan masalah 1. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pendidikan aqidah? 2. Apa saja bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah? 3. Jelaskan bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah? 1 .3 Tujuan 1. Memahami maksud dari pendekatan pendidikan aqidah. 2.Mengetahui bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah. 3. Memahami bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqi