Langsung ke konten utama

Peranan dan Dampak IPA dan Teknologi dalam Memenuhi Kebutuhan Manusia dan Kelangsungan Hidup Manusia


A.   Hubungan IPA dengan Teknologi
Kiranya perlu dijelaskan terlebih dahulu pengertian Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologinya dari judul ini. Tentang Ilmu Pengetahuan alam itu sendiri yaitu ilmu yang bidang sasarannya benda-benda tak hidup, sedangkan maksud teknologinya adalah teknologi Ilmu Pengetahuan Alam atau suatu penerapan Ilmu Pengetahuan Alam untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Berikut ini adalah uraian singkat berupa beberapa cuplikan saja dari IPA dan Teknologi dalam memenuhi kebutuhan manusia. Sesuai dengan judul materi kali ini, yang disajikan adalah konsep-konsep dasar saja, dan dipilih yang benar-benar perlu kita ketahui.[1]
1.      Materi dan Energi
a)      Materi
Seperti telah kita ketahui, sasaran Ilmu Pengetahuan Alam itu adalah alam semesta dengan segala dan isinya. Ilmu Fisika memandang kesemuanya itu sebagai materi dan energi. Yang dimaksud dengan materi adalah apa saja yang mempunyai massa dan menempati suatu ruang. Seperti Meja, Kursi, Gunung, Awan, dsb. 
b)      Energi
Adapun Energi adalah sesuatu yang dapat memindahan materi dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh : aliran listrik dapat memijarkan bola lampu listrik dan menghaasilkan cahaya.
2.      Prinsip Pembangkit Listrik
Listrik merupakan keperluan dalam kehidupan sehari-hari yang sangat vital pada zaman modern ini. Tanpa listrik kita tidak dapat melihat televisi, tidak ada rambu-rambu lalu lintas yang baik, tidak ada lemari es, mesin cuci, dan setrika listrik. Berikut ini adalah prinsip-prinsip pembangkit tenaga listrik yang perlu kita ketahui.
a)      Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Air
b)      Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Diesel
c)      Prinsip Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir
3.      Mesin
Seperti telah kita ketahui bahwa manusia sebagai makhluk hidup lebih unggul jika dibanding dengan makhluk hidup yang lain. Hal itu terjadi karena manusia mampu mencipta dan menggunakan alat. Salah satu alat yang sangat menakjubkan dan sangat membantu perkehidupan manusia adalah mesin-mesin. Berikut adalah diantaranya.
a)      Mesin Bakar
Mesin ini terdiri dari silinder, piston, roda-roda penerus lengan, busi, katup bahan bakar, dan katup pembuang.
b)      Mesin Diesel
Hampir serupa dengan mesin bakar, mesin diesel terdiri dari silinder piston, lengan, roda penerus, atup bahan bakar, dan katup pembuang. Dalam mesin diesel tidak digunakan busi sebagai api pembakar.
c)      Mesin Jet
Mesin Jet terdiri dari sebuah tabung pembakaran yang tahan panas, sebuah mulut untuk memasukkan udara ke dalam tabung pembakar, sebuah kompresor untuk menyemprotkan bahan-bahan bakar ke dalam tabung pembakar, dan sebuah corong pembuang gas yang terletak di bagia ekornya.
4.      Komputer
Apa saja yang dapat diperbuat manusia dengan bantuan komputer.
·         Orang akan dapat dengan mudah dan tepat mendapatkan data maupun informasi
·         Dsb
5.      Komunikasi
Salah satu keperluan hidup manusia adalah berkomunikasi antara sesamanya. Untuk itu Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologinya, telah menyumbangkan kepada kita semua hal yang sangat bermanfaat.
Pada tahun 1962, dunia dikejutkan oleh penemuan baru berupa siaran TV dan Radio melalui angkasa luar, atau tegasnya melalui satelit buatan. Dengan komunikasi melalui satelit ini maka hubungan antara manusia seluruh dunia menjadi makin mudah.
Dan berikut diantara penemuan-penemuan yang sangat bermanfaat bagi manusia.
·         Percetakan
·         Telegrafi
·         Telepon
·         Radio
·         Cinema atau Gambar Hidup
·         Televisi[2]

B.   Peranan serta Dampak  IPA dan Teknologi dalam Memenuhi Kebutuhan Manusia
1.     Bidang Sosial dan Budaya
a)    Dampak positif:
·        Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women: From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
·        Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri  sebagai suatu  bangsa  akan  semakin  kokoh.  Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
·        Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
b)    Dampak Negatif 
·        Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
·        Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat, semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
·        Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
2.     Bidang Pendidikan
a)      Dampak Positif
·         Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
·         Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
·         Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka . Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus  mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
b)     Dampak Negatif
·         Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
·         Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
3.      Bidang Kesehatan
a)      Dampak Positif
·         Pelayanan baru hasil kemajuan IPA dan Teknologi, contoh :
- Pencangkokan jantung
- pencucian darah
- penggantian kornea mata
- pemasangan alat pacu jantung
·         Dapat Untuk Memberantas Penyakit Menular. Upaya Pencegahannya yaitu :
- diadakan teknologi pengolahan air untuk mendapatkan air bersih bagi masyarakat
-  menjaga kebersihan lingkungan pemukiman
-  mengadakan imunisasi terhadap penyakit menular
- melalui media hasil teknologi maju, di berikan penjelasan mengenai  penyebab, akibat dan cara pencegahan dari penyakit menular untuk mempertinggi kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan mengenai penyakit menular agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

b)     Dampak Negatif
Membantu Timbulnya Penyakit tertentu kemajuan IPA dan Teknologi tidak terlepas dari dampak Negatif, yaitu timbulnya penyakit  – penyakit tertentu, baik langsung maupun tidak langsung bahkan untuk sementara ada yang masih dugaan.
- Timbulnya tenyakit asbestos yang diderita oleh karyawan pabrik asbes. Penyakit Asbesros diduga disebabkan karena didalam pabrik asbes banyak berterbangan debu yang menggandung oksida silicon.
- Timbulnya penyakit yang di sebut Teologi (kelainan bentuk) ,misalnya karena pengaruh obat penenang (Thalidomid) yang diminum seorang ibu waktu mengandung,maka setelah lahir anaknya menderita kelainan pada tubuhnya.[3]
C.    IPA dan Teknologi untuk Kelangsungan Hidup Manusia
Usaha manusia untuk mencari pengganti minyak bumi seperti yang telah disebutkan, hanyalah merupakan salah satu cara dari manusia dalam mempertahankan eksistensinya didunia. Masalah lain yang sangat vital adalah masalah penggunaan teknologi maju, disamping keuntungannya yang memang banyak ada juga bahayanya yang kesemuanya ini tergantung dari manusianya sendiri. Sebagai contoh adalah tenaga nuklir yang maha dasyat. Maka dari itu bumi tempat hidup kita inilah harapan untuk hidup kita dimas mendatang. Oleh karena itu peran utama adalah melestarikan lingkungan hidup kita dibumi yang kesemuanya ini tergantung pada ulah manusianya sendiri.
Masalah yang juga vital, karena ikut menentukan kelestarian kehidupan manusia dibumi ini adalah kependudukan. Karena bumi kita hanya satu dan tidak bertambah besar, malah jumlah lahan untuk penghidupan nampaknya makin sempit. Masalah yang sejajar pentingnya dengan masalah kependudukan adalah masalah kelestarian lingkungan hidup.lingkungan hidup itu termasuk hubungan antara manusia dengan lingkungannya, baik biotic maupun abiotik dan termasuk hubungan antara manusia itu sendiri. Untuk memahami permasalahan ini adalah pemahaman akan konsep-konsep ekosistem.
Hukum timbal balik dalam ekosistem yaitu: bila kita berprilaku baik terhadap lingkungan, maka lingkungan itu akan membawa dengan kebaikan pula. Sebaliknya, bila kita berprilaku buruk terhadap lingkungan, maka lingkungan itu akan membalas dengan keburukan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi hubungan antara manusia dengan lingkungan fisiknya, tetapi berlaku juga antara manusia dengan masyarakat lingkungannya.[4]






[1] Drs. Hendro Darmojo dan, M.A. dan Dra. Yeni Kaligis, M.Sc., Ilmu Alamiah Dasar, (Jakarta : Universitas Terbuka, 1999), hlm. 200
[2] Drs. Hendro Darmojo dan, M.A. dan Dra. Yeni Kaligis, M.Sc., Ilmu Alamiah Dasar, (Jakarta : Universitas Terbuka, 1999), hlm. 210-215
[3] Drs.Maskoeri Jasin.  Pengantar Alamiah Dasar. Yogyakarta : Penerbit Temata, 1980
[4] http://peott.blogspot.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amar dan Nahi

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Memahami redaksi Al-Qur’an dan Al-Hadits bagaikan  menyelam ke dalam samudra yang dalam lagi luas, dibutuhkan kunci, metode dan keilmuan khusus untuk sampai ke sana sehingga kita bisa mengetahui maksud dan tujuan nash al-Qur’an dan Al-Hadits baik dari sudut teks maupun dari aspek makna. Di antara beberapa pembahasan yang berkaitan dengan hal tersebut, ada dua point penting yang keduanya harus diketahui secara mendalam oleh seorang calon Mujtahid. Objek utama yang akan dibahas dalam ushul fiqh adalah al-Qur’an dan sunnah Rasul sedang untuk memahami teks-teks dan sumber yang berbahasa Arab tersebut para ulama  telah menyusun semacam tematik yang akan digunakan dalam praktik penalaran fikih. Bahasa Arab menyampaikan suatu pesan dengan berbagai cara dan dalam berbagai tingkat kejelasan. Untuk itu para ahlinya telah membuat beberapa kategori lafal atau redaksi, di antara yang sangat penting dan akan dikemukakan disini. Antara lain tentang Am a r

Prasangka dan Diskriminasi, Pertentangan dan Integrasi Sosial

A.   Prasangka dan Diskriminasi 1.     Pengertian Prasangka Prasangka atau prejudice berasal dari kata latin prejudicium ,yang pengertiannya sekarang mengalami perkembangan sebagai berikut:  ·   Semula diartikan sebagai suatu preseden, artinya keputusan diambil atas dasar pengalaman yang lalu. ·   Dalam bahasa inggris mengandung arti pengambilan keputusan tanpa penelitian dan pertimbangan yang cermat, tergesa-gesa atau tidak matang.  ·   Untuk mengatakan prasangka dipersyaratkan pelibatan unsur emosional(suka-tidak suka)dalam keputusan yang telah diambil tersebut. Prasangka merupakan dasar pribadi seseorang yang setiap orang memilikinya, sejak masih kecil unsur sikap bermusuhan sudah nampak. Prasangka selalu ada pada mereka yang berfikirnya sederhana dan masyarakat yang tergolong cendekiawan, sarjana, dan pemimpin atau negarawan. Prasangka menunjukkan pada aspek sikap. Prasangka itu suatu sikap, yaitu sikap sosial. Menurut Morgan (1966), sikap adalah kecenderungan untuk

Pendekatan Pendidikan Aqidah

BAB I PENDAHULUAN 1. 1. Latar Belakang Pendidikan aqidah sangat penting bagi kita apalagi kita sebagai pemeluk agama Islam harus mengerti tentang aqidah  Untuk itu kita perlu mempelajarinya sehingga kita mengerti dan bisa menjalankannya dalam kehidupan kita sehari-hari dan setelah kita memahaminya kita bisa memberitahukannya kepada orang lain yang belum tahu. Dan sebelum kita memberitahukan tentang aqidah kepada orang lain akan lebih baik jika kita mengetahui benuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah. Adapun bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah tersebut akan kami bahas dalam makalah ini. 1 . 2 .  Rumusan masalah 1. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pendidikan aqidah? 2. Apa saja bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah? 3. Jelaskan bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah? 1 .3 Tujuan 1. Memahami maksud dari pendekatan pendidikan aqidah. 2.Mengetahui bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah. 3. Memahami bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqi