Langsung ke konten utama

KATA BAHASA INGGRIS YANG MEMILIKI ARTI SAMA TAPI MAKSUD YANG BERBEDA



ENGLISH CORRECT USE

            Gday teman-teman.
            Kalian pernah dengar istilah Common Mistakes? Ya, itu kesalahan-kesalahan yang umum yang sering dilakukan mungkin karena tidak sadar atau memang tidak tau. Nah, jadi kali ini pembahasan kita adalah menjelaskan tentang penggunaan yang benar dari beberapa kata bahasa Inggris yang sering disalahartikan oleh sebagian orang. Tapi intinya jangan takut salah nya, coba aja terus, kalau akhirnya salah ya gak masalah, namanya juga belajar. Tapi kalonya udah takut duluan ya gabakalan maju-maju. Langsung saja nih kita simak sama-sama yuk.

1.      PLAY
Kita semua udah tau lah ya play artinya bermain. Tapi kalo kalian mau ngajak orang untuk  bermain apakah bener kalimatnya begini “Do you want to play with me?”. Mungkin secara grammatical bener aja kan. Tapi sebenarnya kalo kalian pake di Amerika, mereka bakal ngartikannya ‘main’ dalam artian ‘having sex’. Waduh bisa fatal kan, padahal kelihatannya sepele loh. Jadi kalo mau ngajak main, kata yang lebih tepat adalah bukan ‘play’ tapi ‘hang out’ aja.
“Do you want to hang out with me?.

2.      APPOINTMENT vs PLAN
Kedua kata ini mempunyai arti yang kurang lebih sama aja, yaitu janji/rencana. Tapi bedanya, kalo ‘Appointment’ dipake untuk bisnis, ketemu orang penting atau semacamnya. Pokoknya hal-hal yang berbau formal seperti itu lah. Sedangkan ‘Plan’ biasanya dipake buat sesama teman, ya sesuatu yang informaln lah.
I have an appointment with doctor.
I have a plan with my friend.

3.      MEET vs SEE
Mereka juga mempunyai arti yang sama. Bedanya adalah, ‘Meet’ biasa dipake saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Tapi kalo ‘See’ dipake saat bertemu dengan orang yang sudah kita kenal.
Nice to meet you, Azizah.
What a coincident to see you here Risa.

4.      IT MEANS or IT’S MEAN
Artinya kan adalah artinya, gimana sih wkwk ya maksudnya terjemahan dari dua kata tersebut adalah ‘artinya/maksudnya’. Tapi yang manakah penggunaan yang tepat? Mungkin selama ini banyak yang menggunakan ‘It’s mean’, tapi ternyata dari segi grammatical itu kurang tepat, yang tepat adalah ‘It means’.
It means you have to leave now. (Artinya kamu harus pergi sekarang)

5.      TO vs FOR
Ini salah satu yang bikin kebanyakan orang bingung membedakannya. Artinya kan sama-sama “untuk”. Terus apakah memang sama aja atau ada bedanya. Mudah saja sebenarnya membedakannya, jadi kalau ‘To’ selalu diikuti verb (setelahnya). Sedangkan ‘For’ selalu diikuti noun, kalaupun ingin diikuti verb, verb-nya itu harus berbentung –ing.
I make this jacket to make you comfort.
I make this jacket for making you comfort.

6.      SURPRISE vs SHOCK
Keduanya memiliki arti yang sama juga, yaitu ‘terkejut’. Bedanya adalah, ‘surprise’ biasanya dipakai buat hal yang positif. Sebaliknya dengan ‘shock’, biasanya dipakai buat suatu hal yang negatif.
I win the contest! It’s surprising!
I got bad score! It’s shocking!

7.      FAMOUS vs POPULAR
Sekilas artinya memang sama kan, tapi tetap ada bedanya. Kalo ‘famous’ adalah terkenal dalam arti sesungguhnya, ingat cuman sebatas terkenal. Tapi, kalo ‘popular’ adalah terkenal yang disukai banyak orang.
Hitler was famous.
JKT48 is popular.

8.      TALK vs SPEAK
Kalau berbicara tentang kemampuan berbahasa maka harus menggunakan ‘speak’, tidak bisa pakai ‘talk’. Tapi kalau hanya membicarakan tentang apa saja hal yang umum bisa memakai ‘talk’ ataupun ‘speak’.
I can speak English, Japanese and Korean.
I need to talk to you/I need to speak to you.

9.      SEE vs LOOK vs WATCH
Pada dasarnya ketiganya mempunyai arti yang sama, tapi fungsinya yang berbeda.
      ·         I see many people.
Melihat di sini terjadi karena mata kita terbuka, maksudnya sesuatu hal yang spontan terjadi kalau mata kita terbuka, kita melihat orang, melihat jalan, dll. Bukan sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya.
      ·         I’m looking at the newspaper. I want to know the news.
Melihat di sini adalah sesuatu yang terjadi dengan tujuan yang sudah direncanakan, ada alasan kenapa kita ingin melihat sesuatu tersebut.
      ·         I always watching film everynight.
Sedangkan melihat di sini khusus digunakan untuk melihat sesuatu yang lama seperti TV, film, dan sebagainya.

10.  LISTEN vs HEAR
Mereka juga mempunyai arti yang sama, tapi berbeda fungsinya.
      ·         I’m listening music.
Mendengar di sini digunakan kita ada tujuan yang direncanakan bahwa kita ingin mendengar musik.
      ·         I hear music.
Sedangkan mendengar di sini digunakan ketika kita mendengar musik secara spontan karena kita punya telinga, tidak sesuatu yang direncanakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amar dan Nahi

BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Memahami redaksi Al-Qur’an dan Al-Hadits bagaikan  menyelam ke dalam samudra yang dalam lagi luas, dibutuhkan kunci, metode dan keilmuan khusus untuk sampai ke sana sehingga kita bisa mengetahui maksud dan tujuan nash al-Qur’an dan Al-Hadits baik dari sudut teks maupun dari aspek makna. Di antara beberapa pembahasan yang berkaitan dengan hal tersebut, ada dua point penting yang keduanya harus diketahui secara mendalam oleh seorang calon Mujtahid. Objek utama yang akan dibahas dalam ushul fiqh adalah al-Qur’an dan sunnah Rasul sedang untuk memahami teks-teks dan sumber yang berbahasa Arab tersebut para ulama  telah menyusun semacam tematik yang akan digunakan dalam praktik penalaran fikih. Bahasa Arab menyampaikan suatu pesan dengan berbagai cara dan dalam berbagai tingkat kejelasan. Untuk itu para ahlinya telah membuat beberapa kategori lafal atau redaksi, di antara yang sangat penting dan akan dikemukakan disini. Antara lain tentang Am a r

Prasangka dan Diskriminasi, Pertentangan dan Integrasi Sosial

A.   Prasangka dan Diskriminasi 1.     Pengertian Prasangka Prasangka atau prejudice berasal dari kata latin prejudicium ,yang pengertiannya sekarang mengalami perkembangan sebagai berikut:  ·   Semula diartikan sebagai suatu preseden, artinya keputusan diambil atas dasar pengalaman yang lalu. ·   Dalam bahasa inggris mengandung arti pengambilan keputusan tanpa penelitian dan pertimbangan yang cermat, tergesa-gesa atau tidak matang.  ·   Untuk mengatakan prasangka dipersyaratkan pelibatan unsur emosional(suka-tidak suka)dalam keputusan yang telah diambil tersebut. Prasangka merupakan dasar pribadi seseorang yang setiap orang memilikinya, sejak masih kecil unsur sikap bermusuhan sudah nampak. Prasangka selalu ada pada mereka yang berfikirnya sederhana dan masyarakat yang tergolong cendekiawan, sarjana, dan pemimpin atau negarawan. Prasangka menunjukkan pada aspek sikap. Prasangka itu suatu sikap, yaitu sikap sosial. Menurut Morgan (1966), sikap adalah kecenderungan untuk

Pendekatan Pendidikan Aqidah

BAB I PENDAHULUAN 1. 1. Latar Belakang Pendidikan aqidah sangat penting bagi kita apalagi kita sebagai pemeluk agama Islam harus mengerti tentang aqidah  Untuk itu kita perlu mempelajarinya sehingga kita mengerti dan bisa menjalankannya dalam kehidupan kita sehari-hari dan setelah kita memahaminya kita bisa memberitahukannya kepada orang lain yang belum tahu. Dan sebelum kita memberitahukan tentang aqidah kepada orang lain akan lebih baik jika kita mengetahui benuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah. Adapun bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah tersebut akan kami bahas dalam makalah ini. 1 . 2 .  Rumusan masalah 1. Apa yang dimaksud dengan pendekatan pendidikan aqidah? 2. Apa saja bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah? 3. Jelaskan bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah? 1 .3 Tujuan 1. Memahami maksud dari pendekatan pendidikan aqidah. 2.Mengetahui bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqidah. 3. Memahami bentuk-bentuk pendekatan pendidikan aqi